Rabu, 01 Februari 2012

Cara Merawat Burung Dara Tinggi


Beberapa tips dan cara perawatan burung merpati tinggian atau burung kolongan yang baik dan maksimal:
1.Suplemen makanan yang baik dan terjamin.
2.Memandikan burung tiap hari dengan rutin.
3.Dengan rutin menjemur burung setiap pagi secukupnya.
4.Kandang harus selalu bersih supaya bebas dari penyakit.
5.Pada waktu burung keket atau keplek dilatih rutin.
6.Pemberian Doping ( jamu ) juga di perlukanCIRI CIRI MENCARI MERPATI TINGGIAN DENGAN MATA YANG BAGUS /AWAS
1.mata yang kering dan jernih seperti kaca didalamnya 2.teleng atau titik hitam kalau kena sinar atau waktu keket/giring mengecil dan tidak pudar. 3.warna kuning spt mas atau mata hitam seperti mata kodok/katak. 4.kuning jagung atau merah saga dekat kelopak mata jadi tiga warna yaitu: hitam yg kecil kuning mas dan kuning jagung atau merah saga kecuali mata katak atau hitam. 5. selaput mata kalau bisa yang merah itu menurut selera aja.CIRI CIRI MENCARI MERPATI TINGGIAN MENTAL YANG BAGUS
Atas permintaan dari rekan2 penghobi merpati tinggian ditanah air ini PUSAT MERPATI TINGGIAN PADEPOKAN WALIWIS BODAS CLUB diminta utk membagi pengalaman bagai mana ciri mental merpati tinggian yang bagus. Ini berdasarkan pengalaman,ciri cirinya sebagai berikut: 1.punya trah darah 2.keketnya kencang atau keras. 3.supitan tebal dan keras tapi jangan sampai rapat sekali. 4.sodonan / batang lar atau sayap kering dan keras. 5..tembolok lancip atau kerucut. 6.kakinya kering. 7.bentuk kepala atau raut muka kelihatan galak seperti burung rajawali.


Ciri ciri burung dara balap :
paruh merpati balap yang baik tentunya ada beberapa model, ada yang berbentuk seperti burung pipit (finch), ada yang berbentuk seperti elang tipis dan tajam pada dasarnya harus serasi dan seimbang dengan besar kepalanya sehingga mengurangi friksi saat terbang. Kemudian bentuk kepala ada yang berbentuk pinang dibelah (nyigar jambe), ada yang mengerucut menuju paruh sehingga sangat aerodinamis tergantung selera si pemilik merpati balap tetapi kalau terlalu jenong seperti ikan louhan tentunya sangat menambah gesekan dan mengurangi kecepatan. Kemudian mata idealnya bening dan tajam seperti mata elang, warna mata beragam ada yang kuning, putih sebaiknya yang ber lis merah, kuning kemerahan tergantung selera pemilik.
Leher seekor merpati balap harus proporsional artinya tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang sehingga tidak menambah gesekan diudara.kemudian dada idealnya segitiga,njantung seperti atlet. Sayap tebal, menutup rapat dikanan kiri badan sehingga diharapkan kepakan penuh dan menutupnya sangat rapat hingga sekali kepak sudah jauh. Selanjutnya bagian bulu jawat/ lar 10 harus kering dan berlidi tebal, sehingga kuat untuk mengepak sementara bulu di badan halus dan nyutra(selembut sutra) warna bulu ada yang coklat(gambir), hitam, tritis , kelabu, kombinasi selap, tetapi pada umumnya kelabu lebih disukai sekali lagi selera masing2 pemilik. Kemudian daging sebaiknya lentur/ empuk, dan bagian supit/wangkong tajam dan keras keduanya  berjarak se-jari kelingking, ekor tebal dan tidak terlalu panjang.kemudian bagian kaki idealnya kekar,kering dan tidak terlalu panjang tentunya hal hal tsb hanya sebagai  patokan yang lebih penting kondisi dilapangan.
Sekian semoga bermanfaat bagi para penggemar merpati balap sekalian, salam…..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar